Friday, September 7, 2018

Apa Itu Manajemen?

SIAPAKAH MANAJER ITU?

Manajer adalah seseorang yang melakukan koordinasi dan pengawaasan terhadap pekerjaan orang lain sehingga sasaran-sasaran organisasi dapat dicapai.

KELAS-KELAS MANAJER

First Line Manager adalah seseorang yang mengelola pekerjaan para pekerja nonmanajerial biasa disebut Supervisor.
Middle Manager adalah seseorang yang mengelola pekerjaan First Line Manager.
Top Manager adalah yang bertanggung jawab atas pengambilan keputusan yang dapat berpengaruh terhadap organisasi dan goal organisasi secara keseluruhan.
Manajer bekerja di organisai.

APA ORGANISASI ITU?

Adalah penataan sekumpulan orang sengaja guna mencapai tujuan tujuan tertentu.
Sifat organisasi yang umum:
  • Memiliki tujuan yang terdefinisikan dengan jelas.
  • Terdiri dari orang-orang.
  • Memiliki suatu struktur yang mengatur hak dan kewajiban para angotannya dalam melaksanakan
  • pekerjaan organisasi

APA KERJA MANAJER

Manajemen melibatkan aktivitas-aktivitas koordinasi dan pengawasan terhadap pekerjaan orang lain sehingga pekerjaan tersebut dapat diselesaikan secara efisien dan efektif.
Apa yang dimaksud dengan efisien dan efektif itu?
Efisiensi merujuk pada maksud mendapatkan sebesar-besarnya output dari sekecil-kecilnya input
Efektivitas yaitu menjalankan aktivitas-aktivitas yang secara langsung membantu organisasi mencapai berbagai sasarannya.

FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN

Perencanaan yaitu menetapkan dan mengembangkan strategi untuk mencapai sasaran.
Pengorganisasian adalah menentukan tugas apa yang harus diselesaikan dan siapa yang melakukannya.
Kepemimpinan ketika manajer memotivasi bawahannya,membantu menyelesaikan konflik daintara mereka.
Pengendalian Manajer harus memantau dan mengevaluasi kinerja aktual.

KETERAMPILAN MANAJER

Keterampilan teknis pengetahuan dan teknik yang berkaitan dengan pekerjaan yang spesifik, yang diperlukan untuk menjalankan dan menyelesaikan pekerjaan denhgan baik.
keterampilan hunungan antar manusia manajer seperti ini mengetahui cara berkomunikasi, memotivasi, mempimpin dan membangkitkan antusiasme serta kepercayaan
Keterampilan konseptual adalah kemampuan berpikir dan memahami hal-hal yang bersifat abstrak atau kompleks.

PEKERJAAN MANAJER TELAH BERUBAH

•SEMAKIN PETINGNYA PELANGGAN
MEDIA SOSIAL
INOVASI
SUSTAINABILITY

PENTINGANYA PELANGGAN

Para manajer harus membangun sebuah organisasi yang cepat-tanggap pada kebutuhan pelanggan (customer-responsive), dimana para karyawan mampu bersikap ramah dan sopan, mudah dijangkau berpengetahuan, lugas dalam melayani kebutuhan pelanggan, dan bersedia melakukan apa yang diperlukan demi memuaskan pelanggan.

PENTINGNYA MEDIA SOSIAL

Ketika media social menjadi cara bagi karyawan yang sombong untuk membual tentang prestasi mereka, bagi manajer bias membuat pesan satu arah kepada karyawan,atau nagi karyawan untuk berdebat atau mengeluh tentang sesuatu atau seseorang yang tidak mereka sukai di tempat kerja untuk menghindari ini, manajer perlu mengingat bahwa media sosial adalah alat yang perlu dikelola agar menjadi bermanfaat.

INOVASI DALAM MANAJER

Inovasi bukan hanya diperuntukan bagi bisnis high-tech upaya inovasi ditemui di berbagai organisasi
Inovasi membawa dampak yang hebat terhadap sikap dan komitmen karyawan.

KEBERLANJUTAN BAGI MANJER

Keberlanjutan telah digambarkan sebagai kemampuan suatu perusahaan untuk mencapai tujuan bisnis dan meningkatkan nilai pemegang saham dalam jangka panjang dengan cara mengintegrasikan peluang ekonomi, lingkungan, dan sosial kedalam strategi bisnisnya.

KITA PERLU BELAJAR MANAJEMEN

Universalitas Manajemen manajemen dibutuhkan secara universal di dalam organisasi sehingga berupaya memperbaiki cara pengelolaan organisasi pada umumnya.
Realitas Dunia Kerja anda tidak harus bercita cita sebagai manajer untuk mempelajari ilmu manajemen memang sangat dibutuhkan untuk kehidupan.
Imbalan dan tantangan menjadi manajer sebagai manajer, anda bertanggung jawab menciptakan lingkungan kerja yang memungkinkan para anggota organisasi mengerahkan kemampuan terbaik mereka dalam bekerja sehingga membantu organisasi dalam mencapai tujuannya

No comments:

Post a Comment