Tuesday, September 18, 2018

Cara manajer Mengelola Lingkungan Eksternal dan Budaya Oragnisasi


  1. Lakukanlah pengecekan latar belakang.
  2. Perhatikan lingkungan fisik dan simbol simbol perusahaan
  3. Bagaimana anda mencirikan orang orang yang anda temui?

Manajer Mumpuni Atau Simbolis

Manajer Memiliki pandangan bahwa ia bertanggung jawab atas keberhasilan atau kegagalan yang ia pimpin, itu kita namakan pandangan prespektif mumpuni terhadap manajemen.
Sebagian kalangan berpendapat bahwa kegagalan organisasi adalah faktor-faktor diluar manajer pandangan ini dikenal sebagai pandangan prespektif simbolis terhadap manajemen.

Pandangan Mumpuni

Pandangan mumpuni selaras terhdap stereotip tetang eksekutif perushaan yang tampil mempimpin didepan dan menembus segala rintangan demi meraih kesuksesan perushaannya. Dan, pandangan ini tidak terbatas dalam lingkungan organisasi bisnis saja. Keberadaan pandangan ini juga dapat oragnisasi  bisnis saja sama halnya dengan pelatih dalam olahraga.

Pandangan Simbolis 

Pandangan simbolis mengatakan bahwa kemampuan manajer untuk menentukan hasil akhir sangat dipengaruhi dan dibatasi oleh faktor eksternal. Menurut pandangan ini, sangat tidak beralasan meyakini bahwa kmampuan seorang manajer kemampuan seorang manajer dapat membawa dampak yang besar terhadap kinerja suatu organisasi.

Hambatan dan Tantangan Lingkungan Eksternal

istilah lingkungan eksternal merujuk pada faktor-faktor dan kekuatan yang berada di luar organisasi, tetapi mempengaruhi kinerja organisai. Komponen ekonomi meliputi faktor-faktor seperti tingkat bunga, inflasi, perubahan pendapatan, fluktuasi pasar sham, dan tahap siklus bisnis.

Bagaimana Lingkungan Mempengaruhi Manajer

Kita melihat 3 cara lingkungan menjadi kendala dan tantangan bagi manajer.

Pekerjaan dan Lapangan Kerja

ketika salah satu atau semua kondisi lingkungan berubah, Salah satu kendala paling kuat yang manajer hadapi adalah dampak dari perubahan tersebut terhdapa pekerjaan dan lapangan kerja  dalam kondisi buruk dan juga kondisi baik. Banyak lulusan perguruan tinggi berjuang keras untuk menemukan pekerjaan atau akhirnya mengambil pekerjaan yang tidak memerlukan gelar sarjana.

Memperhitungkan Ketidakpastian Lingkungan 

Ketidakpastian Lingkungan
Dimensi utama dari ketidakpastian adalah laju perubahan. Bila komponen lingkungan suatu organisasi berubah, kita menyebutnya lingkungan dinamis. bila perubahannya minimal saja, maka kita menyebutnya lingkungan stabil.
Kompleksitas lingkugan 
tingkat komleksitas lingkungan merujuk pada banyaknya kompnen dalam lingkungan organisasi dan sejauh mana organisasi memahami komponen-komponen tersebut.

Mengelola Hubungan Dengan Para Stakeholders

Mengapa megelola hungungan kepada para stakeholder karena merke adalah pengaruh terkuat oleh apa yang dilakukan di organisasi.

Karaketeristik dan arti penting dari budaya organisasi

Tujuh dimensi budaya organisasi adalah perhatian pada detail, oritentasi hasil, orientasi manusia, orientasi tim, agresivitas, stabilitas, serta inovasi, dan penggambilan risiko. Budaya organisasi mempengaruhi bagaimana manajer menjalankan fungsi-fungsi perencanaan, perorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian.

isu-isu budaya organisasi terkini

Budaya organisasi yang inovatif dicirikan oleh tantangan dan keterlibatan, kebebasan, kepercayaan, dan keterbukaan, waktu untuk menggembangkan gagasan, humor, penyelesaian konflik, perbedaan pendapat, keberanian mengambil risiko. Spiritualitas temapt kerja merupakan hal yang penting  karena banyak karyawan yang mencari bentuk penyeimbang bagi semua stress yang mereka rasakan dalam kehidupan modern yang penuh gejolak.


No comments:

Post a Comment